PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Sertifikasi Bibit Kopi di BSIP Sulawesi Barat




Mamuju- BANYAK yang mengira, secangkir kopi yang nikmat itu berawal dari tanaman kopi sehat yang dirawat oleh petani kopi hingga berbuah. Padahal, kita melupakan hal kecil yang mana bisa menentukan apakah tanaman kopi yang petani tanam dapat bertahan hingga panen dan menjadi secangkir kopi yang nikmat.
 
Bibit kopi adalah awal sebelum tanaman kopi ini tumbuh dan dirawat oleh para petani kita, yang menjadi pertanyaan dari mana dan bagaimana para petani kopi mendapatkan bibit kopi mereka yang kemudian ditanam. Apakah bibit kopi yang akan mereka tanam dalam keadaan sehat sehingga ketika ditanam tidak mudah terkena penyakit tanaman.
 
Senin (22/4/2024), BSIP Sulbar melakukan proses sertifikasi bibit Kopi Arabika varietas Komasti. Bersama dengan Dinas Perkebunan Prov. Sulbar, pelaksanaan sertifikasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa bibit kopi yang disalurkan merupakan bibit unggul dan sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan. Sertifikasi yang diselenggarakan oleh UPT Pusat dan UPTD Provinsi yang menyelenggarakan tugas dan fungsi pengawasan dan sertifikasi benih dilakukan oleh PBT. PBT dimaksud merupakan PBT yang berkedudukan di Direktorat Jenderal Perkebunan, PBT yang berkedudukan di Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) sesuai wilayah kerja, PBT yang berkedudukan di UPTD perbenihan provinsi dan/ atau pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) provinsi yang menyelenggarakan fungsi pengawasan dan sertifikasi benih. Sertifikasi bibit merupakan tahap akhir sebelum benih disalurkan ke dinas/stakeholder lain yang membutuhkan. Diharapkan dengan terpenuhinya tahap ini, BSIP Sulbar dapat segera menyalurkan benih kopi arabika Komasti siap tanam untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas tanaman kopi di Indonesia.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset