PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kunker Menteri Pertanian Republik Indonesia di Bumi Manakarra




Halo #sobatSIP, Kunjungan kerja Menteri Pertanian (Mentan) RI Dr. Andi Amran Sulaeman, M.P dilaksanakan di Dusun Kapasan, Desa Papalang, Kecamatan Papalang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan produktivitas sektor pertanian, salah satunya yakni meninjau program penambahan areal tanam melalui pompanisasi. Dalam kunjungannya, Amran Sulaeman didampingi oleh jajaran pejabat Kementan dan staf ahli Menteri untuk memastikan bahwa pelaksanaan program berjalan sesuai dengan rencana. 

 

 
Mengawali rangkaian acara, Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi menyampaikan terima kasih atas kunjungan Menteri Pertanian di Mamuju. Sutinah juga berterima kasih atas perjuangan Menteri Pertanian untuk penambahan alokasi pupuk yang memang menjadi kebutuhan petani selama ini. Pada kesempatan yang sama Mentan RI didampingi Bupati Mamuju dan Anggota DPR RI komisi IV Suhardi Duka turut memberikan bantuan kepada perwakilan kelompok tani berupa benih padi dan jagung serta alsintan (pompa).
 
Dalam sambutannya Amran menyampaikan program PAT dan pemberian bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas panen para petani sekaligus menekan adanya impor beras. Mentan juga berinteraksi langsung dan mendengar keluhan para petani terkait permasalahan yang dihadapi selama ini. Menandai kembalinya marwah pertanian Indonesia, Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun dan kini total anggaran pupuk subsidi mencapai Rp 54 triliun. Beliau juga menekankan bahwa kementan bersama TNI, POLRI dan Pemerintah Daerah harus mempererat kerja sama dalam mendukung swasembada pangan.