PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

BSIP Sulawesi Barat Identifikasi Potensi Lahan Sawah Tadah Hujan IP 0 Untuk Perluasan Areal Tanam




POLMAN-Tim Satgas Pompanisasi dan PAT BSIP Sulawesi Barat bersama Kabid TP Dinas Pertanian dan Pangan Polman serta Koordinator BPP Mapilli dan BPP Tapango melakukan Survey Lahan sawah tadah hujan di 2 titik yakni Kelurahan Rappang Kecamatan Tapango dan Desa Kurma Kecamatan Mapilli Kabupaten Polman.

Survey dilakukan sekaligus melihat langsung kondisi lapangan dan memverifikasi
data potensi lahan tadah hujan di Kabupaten Polman seluas 1.245 hektar (sesuai SK Mentan) dan data usulan pompanisasi dari Dinas Pertanian.
 
Hasil survey menunjukkan bahwa terdapat hamparan sawàh seluas 25 hektar mengalami kekeringan akibat kekurangan air di tengah umur padi pada fase primordia 50-60 hst. Lahan tersebut pernah mengalami 2 kali gagal panen MT Okmar 2022 dan MT Asep 2023 sehingga Kabid TP memerintahkan koordinator BPP untuk segera memobilisasi pompa existing yg ada di sekitar lokasi untuk menyelamatkan pertanaman padi tersebut.
 
Kemudian survey dilanjutkan ke Desa Kurma Kecamatan Mapilli untuk mengecek lokasi yang akan dijadikan tempat mobilisasi pompa untuk memanfaatkan air bendungan sembayo ke lahan sawah tadah hujan yang IP 0 yang akan menjadi target PAT.
 
Rencana Tindak lanjut akan melakukan koordinasi bersama pemerintah Desa untuk berkolaborasi bersama TNI melakukan penanaman dan melaporkannya sebagai realisasi PAT di Kabupaen Polman.