PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Perkuat Kolaborasi, BSIP SulBar Laksanakan Rakoord. PAT Tingkat Kecamatan




Polewali Mandar-Sebagai upaya percepatan Penambahan Areal Pertanaman (PAT), BSIP Sulawesi Barat terus memgembangkan kolaborasi bersama Stakeholders terkait. Hari ini Bertempat di Aula Kantor Desa Rappang Barat, Kec. Mapilli Kab. Polewali Mandar, Ka.BSIP Sulawesi Barat (Repelita Kallo) menghadiri pertemuan persiapan turun sawah.Kegiatan yang diiinisiasi oleh BSIP SulBar dan Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Polman dihadiri berbagai unsur antara lain ; Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Polman, Pasiter Kodim 1402, Dinas PU Kab.Polman, Babinsa, Kepala Desa, Koordinator BPP Mapilli, Penyuluh Pertanian dan Petani.

 
Pertemuan ini bertujuan untuk membangun komitmen masing-masing pihak dengan memaksimalkan sumberdaya yang dimiliki untuk segera melakukan pertanaman serta membahas rencana intensifikasi lahan sawah tadah hujan di Desa Rappang Barat. 
 
Dari hasil Penelusuran Tim Satgas Antisipasi Darurat Pangan (BBPSI Pasca Panen dan BSIP Sulawesi Barat) terdapat lahan sawah seluas 117 hektar di Desa Rappang Barat yang belum tertanami akibat kekeringan. Olehnya itu melalui program Pompanisasi Kementerian Pertanian diharapkan potensi ini dapat dimanfaatkan kembali sehingga mampu meningkatkan produksi pangan.
 
Adapun Hasil kesepakatan rapat bahwa akan dilakukan mobilisasi pompa dan alsintan yang akan digunakan untuk pengolahan tanah. 
 
Selanjutnya koordinasi dilanjutkan ke UPTD pengelola sumberdaya air wilayah III PUPR Kabupaten Polman untuk memastikan pembukaan air irigasi eks bendungan simbayo yang akan dimanfaatkan pada lahan sawah tersebut.