PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

BSIP Kolaborasi Mendukung Terealisasinya PAT Antisipasi Darurat Pangan




Kalukku-Kementerian Pertanian melalui kegiatan PAT-Perpompaan dalam upaya pemanfaatan potensi air melalui pompanisasi untuk meningkatkan indeks pertanaman padi di lahan-lahan sawah tadah hujan, yang selama ini terkendala dengan air sehingga petani tidak dapat melakukan pertanaman. 

BSIP Sulbar bersama Koordinator BPP Kec Kalukku, PPL, Komandan Ramil Kec Kalukku dan Babinsa serta Balai Proteksi Tanaman melaksanakan survei lokasi dalam rangka penelusuaran sungai ranga-ranga sebagai sumber air pertanaman padi Kec Kalukku Kelurahan Sinyonyoi dan verifikasi data merujuk pada data sebaran potensi luas lahan tadah hujan untuk Percepatan Perluasan Area Tanam (PAT) melalui perpompaan Lokasi yang dikunjungi Tim adalah lokasi yang terletak di desa Sinyonyoi Selatan di lingkungan ranga-ranga di KT. Temari 1 dengan luas areal 3 ha,dan KT.looh Para’ 1 lingkungan Bala Kalumpang dengan luas areal 10 ha yang belum melaksanakan penanaman TM 1 2023 dikarenakan terkendala oleh kekeringan tidak ada aliran air yang masuk ke lahan sawah padahal sumber air dekat jarak kurang lebih 200 m dari kolam, parit sumber air dari sugai Ranga-Ranga Kec Kalukku, namun tidak bisa dijangkau disebabkan minimnya sarana seperti alat pompanisasi. Rencana Akan dilaksanakan identifikasi secara secara langsung dan mendalam terkait permasalahan tersebut. 
Berharap dengan terlaksananya survei lokasi dan verifikasi data dapat memberikan data yang valid dan memotivasi petani untuk segera melaksanakan pertanaman untuk percepatan perluasan area tanam (PAT) dalam rangka Provinsi Sulawesi Barat.