PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

BSIP Sulawesi Barat Terima Penghargaan SPM Award 2023




MAMUJU-Kegiatan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Anggaran Tahun 2024 satuan kerja untuk KPPN Mamuju dilaksanakan di Ballroom Grand Maleo & Convention Mamuju. Kegiatan tersebut mengangkat tema “Belanja Berkualitas, Penuh Integritas” untuk Ekonomi Sulawesi Barat yang lebih Kuat. Rapat Koordinasi ini dihadiri 121 Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) lingkup satuan kerja KPPN Mamuju.

Kepala KPPN Mamuju Ferry Taufik Saleh dalam laporannya menyampaikan KPPN Mamuju sebagai salah satu instansi vertikal Dirjen Perbendaharaan Negara sebagai bendahara Umum Negara didaerah serta representasi Kementerian Keuangan di daerah yang memilik peran strategis. Tidak hanya sekedar bertindak sebagai kantor bayar dalam kaitannya belanja pemerintah namun lebih dari itu KPPN hadir memainkan peran dalam mendorong serta menstimulasi kementerian lembaga dan pemerintah daerah dalam menggerakkan usaha mikro kecil dan menengah serta merealisasikan belanja pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Dalam kesempatan yang sama, beliau juga menyampaikan peran KPPN yang strategis tersebut tentunya tidak dapat berjalan optimal apabila tidak didukung oleh seluruh satuan kerja mitra. “Jika KPPN nya baik dan seluruh mitra kerjanya juga baik maka baik pula pelaksanaan APBN diwilayah tersebut dan bila salah satunya bermasalah tentu dapat membawa permasalahan pula pelaksanaan APBN diwilayah tersebut” lanjut Ferry Taufik Saleh.
 
Pada Rapat Koordinasi pelaksanaan anggaran tahun 2024 selain membahas apa yang telah dan akan dilakukan juga bermaksud mengapresiasi kinerja pelaksanaan anggaran tahun 2023. Penilaian satuan kerja mitra kerja KPPN Mamuju terbagi dalam 6 kategori penilaian yaitu 1. Kategori Satuan Kerja dengan Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) terbaik, 2. Kategori Satuan kerja dengan Nilai SPM atau PPSMP terbaik, 3 Kategori Satuan Kerja terbaik dalam penggunaan Kartu Kredit Pemerintah (KKP), 4. Kategori Satuan Kerja terbaik dalam penggunaan cash manajemen sistem, 5. Kategori satuan kerja Terbaik dalam penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Bendahara, dan 6. Kategori Satuan Kerja terbaik dalam penyampaian surat perintah membayar (SPM) Gaji Induk.
 
Dalam kesempatan ini, Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) Sulawesi Barat mendapat penghargaan atas keberhasilan sebagai peringkat Ke Tiga pada kategori Satuan Kerja Terbaik dalam penyampaian surat perintah membayar (SPM) Gaji Induk Tahun 2023. Terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan KPPN kepada satker kami BSIP Sulawesi Barat. Semoga penghargaan ini menjadi motivasi BSIP Sulawesi Barat untuk tetap menjalankan tatalaksana manajemen dengan baik menuju WBBM. Harapannya KPPN tetap menjadi mitra terbaik dan senantiasa memberi pembinaan serta pelayanan pada BSIP Sulawesi Barat.