PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Teknik Cepat Uji Tanah Untuk Rekomendasi Pemupukan Spesifik Lokasi Dengan PUTK




Mamuju-Pupuk yang diberikan pada tanaman jagung harus tepat sasaran, efektif dan efisien, maka rekomendasi pemupukan yang berimbang disusun berdasarkan status hara di dalam tanah yang diketahui melalui teknik uji tanah. petani sebagian besar masih memupuk jagungnya tanpa menggunakan rekomendasi pemupukan spesifik lokasi, tanpa memperhatikan karakteristik tanah dan kandungan hara dalam tanah. Akibatnya tindakan pemupukan menjadi tidak efisien dan bahkan jika diberikan dalam takaran yang berlebihan menyebabkan masalah pencemaran lingkungan tanah.

Tim BSIP Sulawesi Barat Zona II untuk Kabupaten Mamuju bersama dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Tadui, Kecamatan Mamuju dan beberapa petani jagung di desa tersebut melakukan pengambilan sampel di lahan petani untuk dilakukan pengujian unsur hara tanah dengan menggunakan Perangkat Uji Tanah Kering (PUTK). Tim BSIP Sulawesi Barat oleh Hanasia, SP memperkenalkan dan mengajarkan teknik cepat uji tanah secara sederhana dengan menggunakan PUTK kepada PPL dan petani.
 
PUTK adalah alat untuk analisis kadar hara tanah lahan kering, yang dapat digunakan dilapangan dengan cepat, mudah dan cukup akurat. PUTK dirancang untuk mengukur kadar P, K, C-organik, pH dan kebutuhan kapur dengan metode kalorimetri (pewarna). Analisis P dan K tanah selanjutnya digunakan sebagai dasar penentuan rekomendasi pemupukan P dan K spesifik lokasi untuk tanaman jagung oleh petani.
 
Petani sangat mengharapkan kepada PPL agar memiliki alat PUTK di setiap wilayah kerja, sehingga dapat melakukan pengujian unsur hara tanah di setiap lokasi pendampingannya. Dengan PUTK penyuluh dalam mendampingi petani dapat menerapkan pemupukan spesifik lokasi sesuai dengan rekomendasi.