PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Analisis Kandungan Hara Tanah Menggunakan PUTK Sebagai Dasar Rekomendasi Pemupukan Jagung




Halo #sobatSIP, menindaklanjuti kegiatan FGD yang dilaksanakan di Kec. Karossa, BSIP Sulawesi Barat melakukan praktik analisis kandungan hara tanah menggunakan Perangkat Uji Tanah Kering (PUTK) atas permintaan PPL dan Petani Jagung. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lahan petani yang terletak di Desa Karossa, Kec. Karossa, Kab. Mamuju Tengah (26/02/2024).
 
Ir. Marthen P. Sirappa, M.Si menjelaskan prinsip kerja PUTK serta mempraktikkan teknik pengambilan sampel tanah dan analisis kandungan hara tanah. Kandungan hara yang dapat diukur menggunakan PUTK yakni kandungan Fosfor (P), kalium (K), C-Organik, dan pH tanah. Setelah dilakukan analisis pada sampel tanah yang diambil di kebun salah satu petani menunjukkan bahwa kandungan hara tanahnya rendah. Selain mengetahui kandungan hara tanah, terdapat juga rekomendasi dosis pupuk yang harus diberikan ke dalam tanah untuk mendapatkan produksi yang optimum.
 
Penyuluh dan Petani di Kec. Karossa berharap ke depannya PUTK tersedia dan dapat digunakan untuk mengetahui kandungan hara tanah dan rekomendasi dosis pupuk. Kondisi dan status kesuburan tanah di setiap lokasi berbeda-beda, sehingga pemupukan sesuai rekomendasi dosis yang tepat sangat penting dilakukan untuk meningkatkan produksi jagung.