PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Sambangi Kab.Mateng, BSIP Sulawesi Barat Gelar FGD




Mateng-Dalam rangka mengakselerasi kegiatan Penerapan Standar Instrumen Pertanian oleh penerap khususnya untuk mendukung pengembangan sentra wilayah tanaman jagung di Kab. Mateng, BSIP Sulawesi Barat kembali beraksi dengan menggelar FGD mendukung UPSUS percepatan tanam peningkatan produksi jagung 2024. 

 
Bertempat di Aula BPP Kec. Budong-budong, Koordinator BPP Ansari Saleh menerima dengan hangat kedatangan Tim BSIP Sulbar yang dinakhodai langsung oleh penanggungjawab kegiatan Ketut Indrayana, S.TP, Jumat 16 Februari 2024. Kegiatan FGD ini dihadiri sekitar 35 orang yang terdiri dari penyuluh pertanian, petani, peternak serta pelaku usaha tani lainnya.
 
Dalam sambutannya Ansari mengatakan sangat bersemangat dan antusias mengikuti FGD kali ini. ''sudah beberapa tahun belakangan kami tidak pernah mengikuti kegiatan seperti ini. banyak permasalahan saat ini yang dihadapi petani seperti produksi rendah, penangkar benih yang terbatas dan gangguan hama penyakit. jadi dengan kehadiran BSIP Sulbar, kami memohon arahan dan bantuannya untuk meningkatkan pengetahuan kami dibidang pertanian dengan teknologi inovasi terbaru yang saat ini sedang berkembang dengan demikian petani nanti nya dapat mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi'' ungkap Ansari.
 
Pada kesempatan yang sama, Tim BSIP Sulawesi Barat juga mengajak para penyuluh pertanian, petani, peternak dan pelaku usaha tani lainnya melakukan praktek pembuatan pupuk kompos yang terbuat dari limbah-limbah pertanian yang ada disekitar masyarakat seperti pelepah sawit, dedaunan dan kotoran ternak. tidak lupa, praktek pengujian tanah menggunakan Perangkat Uji Tanah Kering (PUTK) juga dilaksanakan.
 
Salah satu fokus kegiatan ini adalah upaya meningkatkan kualitas benih jagung serta efisiensi pasca panen untuk mendkung produktivitas.