PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Survey Lokasi Pelaksanaan Kegiatan Penguatan Kapasitas Penerap Standar Kab. Mamuju




Mamuju-Dalam rangka kegiatan Penguatan Kapasitas Penerap Standar Instrumen Pertanian Di Sulawesi Barat, tim BSIP Sulawesi Barat melakukan kunjungan ke BPP Kecamatan Tapalang serta kekelompok tani di Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju. Tujuan Kunjungan adalah melaksankan koordinasi dan Survey lokasi rencana pelaksanaan kegiatan tersebut. Lokasi survey berdasarkan Data CPCL penerima bantuan benih jagung Tahun 2024.

 
Koordinator BPP Kecamatan Tapalang sangat merespon baik kegiatan ini dan mendampingi tim BSIP Sulawesi Barat ke Kelompok tani yang akan di survey. Adapun 3 desa yang disurvey yaitu Desa Rantedoda (Kelompok tani Lembah Harapan, Kelompok tani Sama Karya, dan Kelompoktani Ba’ba Lemo), Desa Galung (Kelompok tani Siamasei, Kelompok tani Tasilosa dan Kelompok tani Boa-Boa) Desa Kasambang (Kelompok tani Bersehati dan Kelompok tani Tanete Harapan).
 
Berdasarkan hasil survey diperoleh beberapa permasalahan yang dihadapi oleh petani jagung yang ada di Kecamatan Tapalang yakni : 1) Kelangkaan pupuk subsidi ditingkat petani sehingga petani hanya melakukan pemupukan satu kali selama musim tanam sehingga berdampak pada rendahnya tingkat produktivitas usahatani jagung ; 2) Petani belum sepenuhnya menggunakan benih jagung bermutu; 3) tidak tersedianya sumber air irigasi di lokasi petani; 4) Adanya serangan penggerek batang pada tanaman jagung; dan 5) petani belum menerapkan teknologi budidaya jagung terstandar. 
 
Petani jagung di Kecamatan Tapalang sangat berharap adanya pendampingan dari BSIP Sulawesi Barat terkait teknologi budidaya jagung terstandar sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani.