PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

BPSIP Sulbar Diseminasikan Penerapan Standar Budidaya Bawang Merah dan Pasca Panen Pisang di Majene




Majene, 24 Januari 2023. Dalam rangka peningkatan kapasitas petani/pelaku usaha Hortikultura untuk mendukung keberhasilan Kegiatan Pengembangan Kampung/Kawasan Hortikultura Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Komisi IV DPR RI menyelenggarakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Peningkatan Kapasitas Petani/Pelaku Usaha Hortikultura yang dilaksanakan di Desa Salutambung, Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene.

 

 
Kegiatan BIMTEK dihadiri oleh Anggota Komisi IV DPR RI Bapak Dr. Suhardi Duka,MM yang merupakan mitra Kementerian Pertanian, Wakil Bupati Kabupaten Majene Arismunandar Kalma, S.STP., M.M, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Majene ibu Andi Adlina Basharoe, SP.,M.Si, Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Ibu Junika Megawaty Pasaribu, SP.,M.Si beserta tim, BSIP Sulawesi Barat, Sarpina, STP.,M.Si dan 200 orang petani peserta Bimtek. 
 
Wakil Bupati Kabupaten Majene Arismunandar Kalma, S.STP., M.M dalam sambutannya sangat merespon baik kegiatan Bimtek ini dan mengharapkan kepada petani agar menerapkan teknologi budidaya dan pascapanen hortikultura terstandar, sehingga dapat mendukung pengembangan Kawasan hortikultura di Kabupaten Majene.
 
Direktorat jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian yang di wakili oleh Ibu Junika Megawaty Pasaribu, SP.,M.Si menyampaikan bahwa kelompok hortikultura terdiri dari Tanaman buah-buahan, tanaman sayur-sayuran, tanaman hias dan tanaman obat. Tantangan dalam pengembangan komoditas hortikultura ini adalah produktivitasnya masih rendah, teknologi budidayanya belum terstandar dan penanganan pascapanen belum maksimal sehingga masih perlu dilakukan pendampingan teknologi yang terstandar. 
  
Acara BIMTEK ini dibuka langsung oleh Bapak Dr.Suardi Duka, M.M, dalam sambutannya beliau mengajak petani untuk mengembangkan Kawasan Hortikultura dengan menerapkan teknologi budidaya hortikultura yang terstandar sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani. beliau juga menambahkan agar pemerintah Kabupaten Majene dan Pusat tetap bersinergi membangun pertanian.
 
Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh BSIP Sulawesi Barat yang paparkan oleh Sarpina, STP.,M.Si dengan 2 materi yakni ; 1) Budidaya Bawang Merah Sesuai Standar; dan 2) Penaganan Panen dan Pascapanen Pisang Terstandar. Peserta Bimtek sangat merespon baik materi yang disampaikan hal ini ditunjukkan dengan aktifnya petani bertanya dan menyampaikan masalah-masalah yang dihadapi oleh petani yang disampaikan pada sesi diskusi dan tanya jawab.