PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Pendampingan BSIP Sulbar dalam rangka Akselerasi Peningkatan Produksi Jagung 2024




Mamuju, 10 Januari 2024 – Halo sobatSIP, BSIP Sulawesi Barat memiliki komitmen melaksanakan tugasnya, salah satunya dengan mendiseminasikan benih jagung komposit varietas jakarin kepada petani pada tanggal 4 Januari 2024. Menindaklanjuti hal tersebut, Kepala BSIP Sulawesi Barat Repelita Kallo, S.TP, M.Si didampingi oleh Ketua Tim Kerja PE, LO Mamuju, Tim Kegiatan Produksi Benih Jagung, Tim Media BSIP Sulbar dan Penyuluh Dinas Pertanian Kabupaten Mamuju mengunjungi calon lokasi pertanaman benih diseminasi.

 
Calon lokasi pertanaman terletak di Desa Labuang Rano, Kecamatan Tappalang Barat, Kabupaten Mamuju. Tim BSIP Sulawesi Barat disambut hangat oleh Kepala Dusun dan Petani penerima benih dengan mengajak berkunjung ke beberapa calon lahan untuk pertanaman jagung. Diseminasi benih jagung yang dilakukan BSIP Sulawesi Barat diharapkan dapat membantu petani untuk meningkatkan produksi, dikarenakan selama ini petani menanam jagung menggunakan benih hasil dari pertanaman sebelumnya. Rencananya benih jagung yang didiseminasikan akan ditanam pada bulan Maret 2024. Benih jagung komposit varietas jakarin dengan keunggulan toleran terhadap kekeringan dinilai cocok untuk lokasi petani yang merupakan lahan tadah hujan.
 
Jagung yang merupakan komoditas pertanian strategis, permintaannya untuk pangan maupun pakan terus meningkat seiring peningkatan populasi global. BSIP Sulawesi Barat hadir untuk terus melakukan pendampingan kepada petani dalam menerapkan standardisasi instrumen pertanian. Diseminasi benih jagung terstandar yang telah dilakukan merupakan langkah awal untuk mendukung pembangunan pertanian di Sulawesi Barat khususnya Kabupaten Mamuju.