PPID Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Barat

Kegiatan Aplikasi Masal Pengendalian Hama




Polman, 1/07/2021- Kelompok tani Harapan Mulyo binaan BPTP Sulbar melakukan kegiatan aplikasi masal pengendalian hama wereng, walang sangit dan fungisida pengisian buah pada lokasi Demplot VUB Padi Balitbangtan dalam rangka hilirisasi Inovasi Teknologi Balitbangtan di Desa Bumiayu, Kec. Wonomulyo.

Tanaman padi merupakan salah satu tanaman penting dikarenakan nantinya dapat menghasilkan beras sebagai makanan pokok sehari-hari, dengan begitu para petani padi sangat berhati-hati dalam merawat padi karena hal tersebut dapat mempengaruhi proses panen. Salah satu masalah yang sering dialami oleh para petani dalam merawat tanaman padi yakni ketika hama mulai datang menyerang.

Hama-hama padi sendiri sangat beragam jenisnya dan jika tidak cepat dibasmi maka akan berdampak sangat buruk pada tanaman padi. Selain itu, dalam menangani hama padi, para petani juga harus lebih berhati-hati karena hal ini juga dapat mempengaruhi hasil padi nantinya.

Contohnya Hama Wereng biasanya menyerang daun dan batang pada tumbuhan sehingga menyebabkan tumbuhan tersebut menjadi mati dan menjadi salah satu penyebar virus yang menyebabkan penyakit tungro begitupun
Walang sangit merupakan salah satu hama dan penyakit tanaman padi yang cukup meresahkan para petani. Walang sangit dapat merusak tanaman dengan meloncat ataupun terbang dari satu tanaman ke tanaman lain sambil mengeluarkan bau yang tidak sedap.(hesti)