PPID Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Barat

Mentan : Petani Itu Keren, Bertani Itu Hebat




Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H.Turut hadir juga Sekretaris Inspektorat, Ditjen dan Kepala Badan.

Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa kita memperingati hari KRIDA Pertanian ke-49 mengangkat tema Pertanian Mamuju, Mandiri, Modern, Petani Sejahtera. Tema ini mengandung makna bahwa sebagai bangsa bermartabat kita harus memiliki pertanian yang maju artinya produktivitas  dan produksi pertanian harus terus meningkat, mandiri dalam memenuhi pangan melalui optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang ada dan sedapat mungkin pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat berasal dari produksi dalam negri sendiri.

Keduanya harus didukung dengan pertanian modern yang didirikan oleh pemanfaatan kekinian teknologi termasuk inovasi teknologi berbasis artificial Intelligence (AI) dan Internet Of Things (IOT), pemanfaatan drone, robot adalah menjadi bagian dari suatu proses kekinian pertanian. Tujuan akhir dari pertanian harus semakin maju, semakin mandiri, semakin modern cara bertaninya, harus bermuara pada peningkatan kesejahteraan petani.Kita pun harus menanamkan di pikiran kita bahwa Petani itu keren, bertani itu hebat

Selain itu disela sambutan beliau menyampaikan baru saja mengikuti upacara bersama BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), Kementerian Pertanian mendapat predikat Wajar tanpa pengecualian dari Pemeriksaan Keuangan dengan kategori sangat memuaskan

Berharap dihari KRIDA ini, 1. Konsolidasi idealisme untuk kepentingan Bangsa harus ditumbuhkan bahwa tidak hanya sebuah tugas,ini adalah pekerjaan mulia yang menembus langit, 2.perbaiki konsepsi dari program, jangan hanya sebuah program tetapi program itu harus dihitung hasilnya yang lebih besar, yang lebih banyak, dan lakukan terobosan serta lompatan.

Diakhir sambutan beliau memberikan semangat, mengajak semua jajaran dan keluarga besar pertanian untuk keluarkan semangat kepada komponen masyarakat agar kedaulatan pangan ketahanan pengimbang mampu menjadi kebanggaan rakyat dan jati diri bangsa dalam membangun ekonomi nasional yang maju dan sejahtera.(yen)