PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Rakernas 2023, Wapres RI Apresiasi Sektor Pertanian




Jakarta - Kementan mencatat inflasi di Indonesia masih berada pada batas terkendali terbukti Desember lalu, inflasi Indonesia bisa dikendalikan pada kisaran 5,51%. Capaian inflasi Indonesia tidak bisa dilepaskan dari ketersediaan dan harga pangan yang terjaga

 
Atas keberhasilannya dalam menjaga ketersediaan pangan, pemerintah Indonesia mendapatkan penghargaan dari Lembaga Penelitian Padi Internasional (International Rice Research Institute/IRRI) . Indonesia disebut sukses membangun sistem pertanian dan pangan Indonesia yang tangguh terhadap berbagai tantangan, serta pencapaian swasembada beras selama 2019-2021.
 
Capaian Indonesia dalam menjaga ketersediaan pangan dan mengendalikan inflasi merupakan prestasi. Apalagi saat ini banyak negara yang mengalami kekurangan pangan sehingga inflasi turut melambung dan Ma’ruf Amin sangat mengapresiasi atas pencapaian kinerja sektor pertanian yang dibangun selama ini.
 
Namun Ma’ruf Amin berpesan bahwa capaian tersebut bukan hanya harus dipertahankan, tetapi juga perlu untuk terus ditingkatkan. Itu sangat penting demi mewujudkan kemandirian pangan yang berkelanjutan dan kesejahteraan nyata bagi masyarakat dan tentunya para petani.
"Saya berharap, Rakernas Pembangunan Pertanian 2023 ini dapat mendorong pada sinergi dan kesiapan semua pihak untuk menghadapi beragam tantangan, khususnya dalam pengendalian inflasi dan antisipasi krisis pangan dunia. Manfaatkan dan ciptakan peluang-peluang untuk terus berbenah diri menuju kinerja dan capaian yang lebih baik. Menurut Ma'ruf saat ini beban sektor pertanian cukup berat dan harus mampu menyediakan pangan bagi lebih dari 275 juta jiwa di Indonesia. " ujar Ma'ruf.