PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Wapres RI: Jumlah Surplus Beras Harus Terus Meningkat Tiap Tahun




Jakarta - Ketersediaan pangan dan stabilitas harga pangan menjadi persoalan kritikal yang harus senantiasa dikelola dengan baik, seiring meningkatnya tren pertumbuhan penduduk dan potensi krisis pangan ke depan. Untuk itu dalam kesempatan Raker 2023, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin memerintahkan Kementerian Pertanian (Kementan) agar mengidentifikasi komoditas pangan yang tepat dalam menghadapi krisis pangan dunia, serta fokus mendorong pengembangannya, termasuk penetapan target produksi dan lokasinya (25/01/2023).

 
Wapres mengungkap fakta bahwa lahan pertanian semakin menyusut karena alih fungsi lahan pertanian menjadi non-pertanian karena dapat menjadi ancaman nyata ketahanan pangan di Indonesia apabila tidak dibarengi dengan upaya meningkatkan produksi.
 
“Kementerian Pertanian saya minta membuat terobosan-terobosan untuk lompatan peningkatan produktivitas dan penciptaan nilai tambah produk pertanian. Harapannya, walaupun lahan terbatas, produktivitas dan pendapatan petani dapat terus ditingkatkan dan Saya minta fokus agar jangan hanya pada surplus-nya saja, tetapi juga pada besaran angkanya dengan harapan jumlah surplus terus meningkat dari tahun ke tahun. Artinya produksi beras juga meningkat dari tahun ke tahun,” imbau Wapres.